k
k
k
11.7
Melaksanakan Aircraft Weight and Balance
11.7.1
Pendahuluan
Tujuan utama dari mengontrol berat dan keseimbangan adalah
keselamatan. Tujuan yang kedua adalah harus mencapai yang terbaik dalam
efisiensi selama penerbangan.
Beban yang tidak pantas dapat mengurangi efisiensi suatu pesawat
terbang dari sudut pandang langit-langit, cara menggerakkan, kecepatan naik,
kecepatan, dan pemakaian bahan bakar. Itu mungkin menjadi penyebab kegagalan
untuk melengkapi suatu penerbangan, atau bahkan untuk memulainya. Kehilangan
nyawa dan kerusakan peralatan berharga dapat dihasilkan dari struktur
overstressed atau dari suatu pergeseran mendadak di dalam kargo serta perubahan
sebagai akibat karakteristik penerbangan itu.
Berat kosong dan bersesuaian (pusat dari gravitasi) dari semua
pesawat terbang sipil harus ditentukan pada saat dilakukannya sertifikasi.
Pabrikan bisa mempunyai berat pesawat terbang, atau bisa menghitung berat dan
laporan keseimbangan. Sebuah pabrikan diijinkan untuk mempunyai berat satu
pesawat terbang ke luar dari setiap 10 diproduksi. Sembilan pesawat terbang
sisanya dikeluarkan suatu laporan berat
dan keseimbangan dihitung berbasis pada gambar dirata-ratakan dari pesawat
terbang yang adalah benar-benar berat. Kondisi dari pesawat terbang pada saat
menentukan berat kosong harus satu yang tergambar dengan baik dan dapat dengan
mudah diulangi.
Pesawat terbang mempunyai kecenderungan untuk menambah berat oleh karena akumulasi kotoran, lumas, dan lain-lain dalam area tidak siap didapat untuk pencucian dan pembersihan. Berat meningkat dalam perioda waktu tertentu akan tergantung pada fungsi pesawat terbang, jam terbang, kondidi atmosfir, dan jenis lapangan terbang dimana pesawat tersebut beroperasi. Untuk alasan ini, penimbangan pesawat terbang periodik diinginkan terutama untuk pesawat terbang sipil dan kargo yang diperlukan oleh Federal Aviation Regulations.
Pesawat terbang yang
dioperasikan secara pribadi tidak
diperlukan oleh regulasi untuk ditimbang secara periodik. Mereka biasanya ditimbang ketika pada mulanya
diberikan sertifikat, atau setelah membuat perubahan utama yang bisa
mempengaruhi berat dan keseimbangan. Sungguhpun pesawat terbang tidak perlu
ditimbang, itu harus terisi sedemikian rupa sehingga berat maksimum tidak melewati batas yang diijinkan selama
operasi.
Perusahaan penerbangan
(terjadwal dan tidak terjadwal) membawa penumpang atau kargo harus tunduk
kepada aturan tertentu yang memerlukan pemilik untuk menunjukkan bahwa pesawat
terbang memuat dengan baik dan tidak akan melebihi batas berat serta
keseimbangan selama operasi.
Ada dua istilah
umum yang digunakan dalam perhitungan berat dan keseimbangan yaitu:
- Gravitasi Gravitasi adalah gaya
yang bertendensi menarik suatu benda ke pusat bumi. Berat benda adalah
resultante dari gaya-gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.
11.7.1.1 Titik Berat Sebuah Pesawat Terbang
Teori berat dan
keseimbangan adalah benar-benar sederhana. Adalah nya umum dikenal pengungkit
itu dalam keseimbangan ketika itu bersandarkan titik tumpu dalam suatu posisi
level. Pengaruh dari berat adalah secara langsung bergantung atas jarak nya
dari titik tumpu. Untuk menyeimbangkan pengungkit berat harus didistribusikan
sedemikian rupa sehingga efek pemutaran adalah sama terhadap sisi dari titik
tumpu sebagai di atas/terhadap lain. Secara umum, suatu berat lebih ringan aneh
terhadap pengungkit mempunyai efek sama sebagai sebuah kelas berat dekat titik
tumpu. Jarak dari objek apapun dari titik tumpu adalah disebut lengan-tuas.
Lengan-tuas dikalikan dengan berat dari objek apakah nya sedang
memutar/mengubah efek tentang titik tumpu. Efek pemutaran ini adalah dikenal
sebagai momen.
Untuk menentukan titik berat pesawat terbang digunakan keseimbangan momen, yaitu bahwa pada keadaan seimbang maka jumlah momen adalah nol (∑M = nol).
Bila pengungkit AB
yang ditumpu pada titik P setimbang maka momen terhadap titik P adalah nol,
maksudnya Q.PA = R. PB.
Q.PA inilah yang
disebut momen. Momen adalah perkalian antara gaya dengan lengan, sehingga bisa
dikatakan bahwa pada suatu pengungkit yang setimbang besar momen yang berusaha
memutar batang itu pada suatu arah selalu sama besar dengan momen yang berusaha
memutarnya ke arah yang berlawanan. Untuk membedakan momen yang berlainan itu,
maka momen yang searah dengan jarum jam dinamakanmomen positip(+), sedang yang
berlawanan arah dengan putaran jarum jam disebut negatif(-). Pada contoh di
atas Q.PA adalah momen positif, sedang R. PB negatif.
Prinsip
keseimbangan yang sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari adalah timbangan
gantung seperti pada gambar di samping.
Di
dalam pesawat terbang pun prinsip ini harus selalu diingat dan diperhitungkan,
misalnya dalam meletakkan suatu barang di dalam pesawat terbang. Ingat bahwa
bebab 10 kg yang terletak 0.5 m di depan titik berat pada gambar di samping
akan berpengaruh sama dengan beban 1 kg yang diletakkan pada jarak 5 m di
belakang titik berat.
Dalam
pesawat terbang sedapatnya diusahakan agar selama terbang, pesawat dalam
keadaan setimbang. Tetapi mengingat bahwa berat pesawat terbang selalu berubah
karena terbakarnya bahan bakar, maka jaminan bahwa titik berat selalu tetap
tidaklah bisa dipertahankan . Bahkan titik berat pesawat yang bermuatan penuh,
tidak akan sama dengan titik berat pada waktu kosong.
Untuk itu setiap pesawat terbang mempunyai suatu batas sampai daerah mana titik beratnya boleh berkisar. Batas-batas terdepan dan paling belakang, maupun letak titik beratnya sendiri biasanya dinyatakan dalam persentasi dari MAC (Mean Aerodynamic Chord). Bisa juga dinyatakan dalam inci atau m di belakang datum. Seperti terlihat pada gambar di samping adalah titik berat yang diperbolehkan (c.g range)
Batas
paling depan dan batas paling belakang ini biasanya ditentukan letaknya
terhadap suatu pedoman yang disebut datum.
Datum
adalah suatu garis atau titik pada pesawat terbang atau di luarnya yang
digunakan sebagai pedoman untuk menentukan letak suatu benda dalam pesawat
terbang.
pesawat
sedang dalam posisi terbang datar dan lurus (level and straight flight). Akan
tetapi ada pula yang terletak pada tempat-tempat yang lain misalnya pada
bulkhead, nose bahkan ada yang di luar pesawat terbang.
![]() |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar